Keberhasilan Triase IGD Penanganan Cidera Kepala

144 Tinjau  | 

Keberhasilan Triase IGD Penanganan Cidera Kepala

Pelayanan Kesehatan kegawatdaruratan merupakan hak asasi dan kewajiban yang harus diberikan perhatian penting kepada setiap orang. Pemerintah dan segenap masyarakat bertanggungjawab dalam pemeliharaan dan peningkatan kualitas pelayanan Kesehatan kegawatdaruratan sebagai bagian utama dari pembangunan Kesehatan sehingga pelaksanaannya tidak sporadic dan memiliki sistem pelayanan terstruktur.

Rumah sakit merupakan institusi pelayanan Kesehatan yang melaksanakan pelayanan Kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Berdasarkan fasilitas dan kemampuan pelayanan, rumah sakit umum diklasifikasikan menjadi : Rumah sakit umum kelas A, rumah sakit umum kelas B, kelas C dan kelas D.

Klasifikasi rumah sakit umum ditetapkan berdasarkan : Pelayanan, sumber daya manusia, peralatan, sarana dan prasarana, dan Administrasi serta manajemen. Salah satu bagian di Rumah Sakit yang menjadi pelayanan adalah Instalasi Gawat Darurat, yang merupakan gerbang utama jalan masuknya penderita gawat darurat. IGD adalah suatu instalasi bagian rumah sakit yang melakukan tindakan berdasarkan triase terhadap pasien.

Salah satu indikator keberhasilan penanggulangan medis penderita gawat darurat adalah kecepatn memberikan pertolongan yang memadai kepada penderita gawat darurat baik pada keadaan rutin sehari-hari atau sewaktu bencana. Keberhasilan waktu tanggap atau response time sangat tergantung pada kecepatan yang tersedia serta kualitas pemberian pertolongan untuk menyelamatkan nyawa atau mencegah cacat di tempat kejadian, dalam perjalanan hingga pertolongan rumah sakit.

Pelayanan gawat darurat dikatakan terlambat apabila pelayanan terhadap pasien gawat darurat dilayani oleh petugas IGD rumah sakit. Pada kasus kegawat daruratan seperti jika kita bertugas di ruangan gawat darurat kita harus dapat mengatur alur pasien yang baik terutama pada jumlah ruang yang terbatas, memprioritaskan pasien terutama untuk menekan jumlah morbiditas dan mortalitas serta pelabelan dan pengkategorian.

Cidera kepala merupakn permasalahan Kesehatan global sebagai penyebab kematian, disabilitas dan defisit mental. Cidera kepala menjadi penyebab kematian utama disabilitas pada usia muda, penderita cidera kepala seringkali mengalami edema serebri yaitu akumulasi kelebihan cairan di otak atau pendarahan internal.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit. Tidak hanya menunjang kebutuhan rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama hadir di toko online untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan rumah tangga sebagai penanganan pertama gawat darurat bagi rumah tangga yang membutuhkan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis