Perbedaan Pengukuran Tensimeter Digital dan Tensimeter Pegas

151 Tinjau  | 

Perbedaan Pengukuran Tensimeter Digital dan Tensimeter Pegas

Tensimeter adalah instrumen fisika yang digunakan untuk mengukur tekanan darah. Tekanan darah terukur adalah tekanan relatif antara tekanan didalam pembuluh darah dibandingkan dengan tekanan udara luar atau atmosfer. Satuan yang digunakan dalam pengukuran tekanan darah ah adalah mmHG. Ketelitian dalam pengukuran tekanan darah menjadi sangat penting karena parameter tekanan darah sangat menentukan ketepatan diagnosa terhadap suatu penyakit. Banyak penyakit yang dapat terdeteksi atau terindikasi dengan meningkatnya tekanan darah atau menurunnya tekanan darah pada pasien.

Penyakit paling umum yang gejalanya adalah peningkatan tekanan pada pembuluh darah adalah hipertensi dan atau tekanan darah tinggi dan hipotensi atau tekanan darah rendah. Hipertensi adalah penyakit meningkatnya tekanan pada pembuluh darah dan tekanan darah yang besar dari jantung menuju pembuluh nadi, sedangkan hipotensi adalah penyakit yang sebaliknya. Ada 2 parameter fisika dalam pengukuran tekanan darah yaitu diastole dan sistol. Sistol adalah tekanan darah yaitu diastole dan sistol. Sistol adalah tekanan darah dalam pembuluh saat jantung memompakan darah ke pembuluh nadi sedangkan diastol adalah tekanan darah saat jantung menarik darah dari pembuluh arteria tau vena menuju jantung.

Pengukuran darah dapat dilakukan dengan menggunakan tensimeter dengan beberapa prinsip fisika yang berbeda yaitu tensimeter digital dan tensimeter pegas. Penggunaan tensimeter digital sangat mudah dilakukan dan tidak diperlukan pelatihan khusus. Pengukuran dengan tensimeter macam ini dapat dilakukan oleh orang awam sekalipun. Pengukuran tensimeter menggunakan tensimeter pegas jauh lebih sulit dibandingkan dengan an-nur digital.

Hal ini disebabkan karena dua macam tensimeter ini mengandalkan ketelitian dalam melihat penurunan tekanan melalui penunjuk angka yang disinkronkan dengan penggunaan stetoskop pada telinga sehingga alat ini memerlukan pengalam, keahlian khusus serta konsentrasi tinggi dalam penggunaannya.

Pengukuran menggunakan tensimeter digital memiliki hasil yang jauh lebih baik dan jauh lebih teliti dibandingkan dengan tensimeter pegas. Pengukuran menggunakan tensimeter digital tidak diperlukan pelatihan khusus dan penggunaannya sangat mudah. Pengukuran menggunakan tensimeter pegas memerlukan keahlian khusus dan pelatihan yang memadai sehingga cukup sulit dilakukan.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit termasuk menjual tensimeter digital dengan mutu yang terjamin. Tidak hanya menunjang kebutuhan rumah sakit, PT Globindo Mega Pratama hadir di toko online untuk memenuhi kebutuhan alat kesehatan rumah tangga sebagai penanganan pertama gawat darurat bagi rumah tangga yang membutuhkan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis