Kesesuaian Tipe Tensimeter Pada Usia Dewasa

127 Tinjau  | 

Kesesuaian Tipe Tensimeter Pada Usia Dewasa

Keadaan tubuh yang sehat dapat diketahui melalui pemeriksaan tanda vital. Tanda vital merupakan suatu parameter tubuh yang berfungsi untuk menilai fungsi fisiologis organ vital tubuh yang terdiri dari tekanan darah, denyut nadi, laju pernapasan, dan suhu tubuh. Salah satu pemeriksaan tanda vital yang paling sering dan mudah dilakukan yaitu pemeriksaan tekanan darah.

Tekanan darah merupakan faktor yang penting pada sistem sirkulasi tubuh manusia. Tekanan darah adalah tekanan yang ditimbulkan pada dinding arteri. Diketahui tekanan sistolik adalah tekanan puncak yang terjadi pada saat ventrikel berkontraksi dan tekanan diastolik adalah tekanan terendah yang terjadi pada saat jantung beristirahat. Nilai darah sangat bervariasi bergantung pada keadaan, akan meningkat pada aktivitas fisik, emosi, dan stress dan turun selama tidur.

Tensimeter air raksa adalah yang paling umum digunakan terdiri dari manset yang bisa digembungkan dan dihubungkan dengan tabung Panjang berisi air raksa. Tensimeter digital merupakan alat pengukur tekanan darah terbaru dan lebih mudah digunakan dimana hasil data dikonversikan oleh mikroprosesor menjadi bacaan tekanan darah. Tensimeter aneroid menyeimbangkan tekanan darah dengan kapsul metal tipis yang menyimpan udara didalamnya dan sudah jarang digunakan di Indonesia.

Pengukuran tekanan darah hanya dilakukan pada usia dewasa normal tanpa menderita penyakit kardiovaskular seperti hipertensi, diabetes melitus dan penyakit lainnya yang dapat mempengaruhi pengukuran dan menyebabkan terjadinya kesalahan.

Terdapat kesesuaian pengukuran tekanan darah sistolik dengan menggunakan tensimeter air raksa dan tensimeter digital. Didapatkan juga kesesuaian pengukuran tekanan darah diastolic dengan menggunakan tensimeter air raksa dan tensimeter digital. Sehingga terdapat kesesuaian pengukuran tekanan darah sistolik dan diastolic dengan menggunakan tensimeter air raksa dan tensimeter digital pada usia dewasa.

PT Globindo Mega Pratama sebagai supplier alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk tensimeter digital dengan mutu dan kualitas yang terjamin. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik dengan pelayanan yang mengandalkan berbagai solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis