Metode POCT Pada Glukosa Darah, Efektifkah ?

303 Tinjau  | 

Metode POCT Pada Glukosa Darah, Efektifkah ?

Glukosa merupakan sumber energi utama pada organisme hidup. Glukosa darah atau kadar gula darah adalah istilah yang mengacu kepada tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula atau tingkat glukosa serum diatur dengan ketat di dalam tubuh. Glukosa darah atau kadar gula darah adalah suatu gula monosa-karida, karbohidrat terpenting yang digunakan sebagai sumber tenaga utama dalam tubuh. Glukosa merupakan precursor untuk sintesis semua karbohidrat lain di dalam tubuh. Glukosa darah sewaktu adalah pemeriksaan kadar gula darah yang dilakukan Ketika waktu tanpa harus puasa atau melihat makanan terakhir dimakan. Diabetes melitus merupakan penyakit yang paling menonjol yang disebabkan oleh gagalnya pengaturan gula darah atau kelainan metabolism karbohidrat.

Metode sederhana yang banyak digunakan di laboratorium maupun masyarakat adalah metode strip. Metode strip penggunaan sampel darah kapiler. Prinsip pemeriksaan pada metode ini adalah strip test diletakkan pada alat, Ketika darah diteteskan pada zona reaksi tes strip, katalisator glukosa akan mereduksi glukosa dalam darah. Penurunan kadar gula darah disebabkan karena adanya penundaan pemeriksaan. Penurunan ini terjadi karena sebagian dari glukosa digunakan untuk metabolism sel-sel darah.

Darah yang berada di luar tubuh, tubuh tidak mempunyai respon untuk meningkatkan maupun menurunkan kadar glukosa darah tersebut, glukosa darah yang ada hanya akan secara terus menerus digunakan oleh sel-sel yang tersisa dalam darah tersebut untuk kelangsungan proses hidupnya, sehingga sangatlah jelas bahwa penurunan kadar glukosa darah tidak akan terelakan apabila darah telah dikeluarkan dari tubuh.

PT Globindo Mega Pratama sebagai supplier alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk strip gula darah untuk mendeteksi kadar gula darah sebagai langkah awal untuk pencegahan kadar gula darah. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik dengan pelayanan yang mengandalkan berbagai solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis