Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu Pada Lansia, Perlukah?

114 Tinjau  | 

Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu Pada Lansia, Perlukah?

Dalam ilmu kedokteran, gula darah adalah istilah yang mengacu pada tingkat glukosa di dalam darah. Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari. Tingkat ini meningkat setelah makan dan biasanya berada pada level terendah pada pagi hari, sebelum orang makan. Meskipun disebut gula darah, selain glukosa kita juga menemukan jenis gula lainnya seperti fruktosa dan galaktosa. Namun hanya tingkatan glukosa yang diatur melalui insulin dan leptin.

American Diabetes Association  menjelaskan diabetes sebagai jenis penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglisema kronis yaitu tidak berfungsinya organ tubuh terutama mata, ginjal, saraf, jantung dan pembuluh darah akibat kerusakan sekresi insulin, kerja insulin, ataupun keduanya, sehingga glukosa (gula darah) akan menumpuk dalam tubuh karena tidak dapat dipecah menjadi sumber energi. Rekomendasi aktifitas fisik dan tindakan pencegahan dapat bervariasi berdasarkan tipe diabetes.

Penyakit diabetes melitus merupakan penyakit kronis yang akan diderita oleh penderita diabetes seumur hidup dan memiliki progresivitas yang akan terus berjalan sehingga lama kelamaan akan menimbulkan komplikasi. Lamanya menderita diabetes mellitus berhubungan dengan komplikasi diabetes mellitus yang dialami oleh pasien.

Komplikasi menyebabkan efikasi diri pasien rendah dan mengacu pada penurunan kualitas hidup. Mengingat tingginya prevalensi dan biaya perawatan untuk penderita diabetes mellitus maka perlu adanya upaya untuk pencegahan dan penanggulangan penyakit tersebut meliputi peningkatan edukasi, perilaku konsumsi obat anti diabetes, Latihan jasmani, pengaturan makanan serta pengecekan berkala glukosa darah. Walaupun diabetes mellitus merupakan penyakit kronik yang tidak dapat menyebabkan kematian secara langsung, tetapi dapat berakibat fatal bila pengelolaannya tidak tepat.

PT Globindo Mega Pratama sebagai supplier alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk strip gula darah untuk mendeteksi kadar gula darah sebagai langkah awal untuk pencegahan kadar gula darah. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik dengan pelayanan yang mengandalkan berbagai solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis