Kenali Diabetes Melitus dan Cara Penanganannya

155 Tinjau  | 

Kenali Diabetes Melitus dan Cara Penanganannya

Diabetes melitus atau bisa disebut kencing manis merupakan penyakit menahun yang dapat diderita seumur hidup. Diabetes melitus disebabkan oleh gangguan metabolism yang terjadi pada organ pancreas yang ditandai dengan peningkatan gula darah atau sering disebut dengan kondisi hiperkligemia yang disebabkan karena menurunnya jumlah insulin dari pancreas. Penyakit DM dapat menimbulkan berbagai komplikasi baik makrovaskuler. Penyakit DM dapat mengakibatkan gangguan kardiovaskular yang dimana merupakan penyakit yang terbilang cukup serius jika tidak secepatnya diberikan penanganan sehingga mampu meningkatkan penyakit hipertensi dan infark jantung.

Diabetes memiliki 2 tipe yakni diabetes melitus tipe 1 yang merupakan hasil dari reaksi autoimun terhadap protein sel pancreas, kemudian diabetes tipe 2 yang mana disebabkan oleh kombinasi faktor genetic yang berhubungan dengan gangguan sekresi insulin, resistensi insulin dan faktor lingkungan seperti obesitas, makan berlebihan, kurang makan, olahraga dan stress serta penuaan. Olahraga atau aktivitas fisik berguna sebagai pengendali kadar gula darah dan penurunan berat badan pada penderita diabetes melitus. Manfaat besar dari olahraga pada diabetes melitus antara lain menurunkan kadar glukosa darah, mencegah, kegemukan, ikut berperan dalam mengatasi terjadinya komplikasi, gangguan lipid darah dan peningkatan tekanan darah.

Diabetes sering disebabkan oleh faktor genetik dan perilaku gaya hidup seseorang. Selain itu faktor lingkungan sosial dan pemanfaatan pelayanan Kesehatan juga menimbulkan penyakit diabetes dan komplikasinya. Diabetes dapat mempengaruhi berbagai sistem organ tubuh manusia dalam jangka waktu tertentu yang disebut komplikasi.

Komplikasi diabetes yang dibagi menjadi pembuluh darah mikrovaskular dan makrovaskuler. Komplikasi mikrovaskuler termasuk kerusakan sistem saraf (neuropati), kerusakan sistem ginjal (nefropati) dan kerusakan mata (retinopat).

PT Globindo Mega Pratama sebagai supplier alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk strip gula darah untuk mendeteksi kadar gula darah sebagai langkah awal untuk pencegahan kadar gula darah. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik dengan pelayanan yang mengandalkan berbagai solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis