Stetoskop Bisa Terkontaminasi oleh Bakteri, Berbahayakah ?

116 Tinjau  | 

Stetoskop Bisa Terkontaminasi oleh Bakteri, Berbahayakah ?

Alat medis yang rentan terkontaminasi bakteri salah satunya adalah stetoskop. Infeksi nosokomial yang menjadi masalah di rumah sakit diantaranya oleh Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aerogenosa. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi kulit ringan hingga infeksi berat yang mengancam jiwa. Infeksi nosokomial menjadi masalah di rumah sakit karena pengaruh lingkungan sekitar dan peralatan medis yang terkontaminasi.

Alat medis yang paling rentan terhadap kontaminasi bakteri yaitu stetoskop karena biasanya digunakan pada pasien di berbagai kondisi dan kontak langsung dengan kulit. Pembersihan yang tepat terhadap stetoskop sangatlah penting untuk menghindari meluasnya penyebaran bakteri kepada pasien lain. Beragam jenis bakteri, Sebagian dapat menyebabkan infeksi.

Infeksi Pseudomonas aeruginosa menjadi masalah serius pada pasien rumah sakit yang menderita kanker, fibrosis kistik dan luka bakar. Angka fatalitas pasien – pasien tersebut mencapai 50%. Pseudomonas aeruginosa mengakibatkan infeksi pada pasien dengan penuruan daya tahan tubuh. Kultur darah pasien bakteremia ditemukan adanya Pseudomonas aeruginosa. Bakteri ini tersebar luas di alam dan biasanya ada di lingkungan lembab rumah sakit.

Staphyloccus aureus merupakan bakteri patogen bagi manusia. Hampir semua orang pernah mengalami infeksi Staphyloccus aureus dengan derajat keparagan yang beragam, dari keracunan makanan atau infeksi kulit ringan hingga infeksi berat yang mengancam jiwa. Keracunan makanan dapat terjadi karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan yang berpengalaman lebih dari 5 tahun menjual berbagai alat Kesehatan dengan berbagai merek dengan kualitas yang sudah pasti terjamin termasuk salah satunya stetoskop. Didukung oleh tenaga profesional, PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit serta klinik dengan menjalin kerja sama yang apik.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis