Hubungan Indeks Masa Tubuh Dengan Gejala Diabetes Melitus

90 Tinjau  | 

Hubungan Indeks Masa Tubuh Dengan Gejala Diabetes Melitus

Diabetes melitus adalah suatu penyakit yang mengakibatkan tidak seimbangnya kemampuan tubuh menggunakan makanan secara efisien yang disebabkan oleh pancreas gagal memproduksi insulin atau misfungsi tubuh yang tidak bisa menggunakan insulin secara tepat. Penyakit DM terdiri dari DM tipe 1 dan DM tipe 2 masuk dalam kategori penyakit tidak menular. Penyakit DM tipe 2 merupakan salah satu penyebab utama kematian atau sekiatar 2.1% dari seluruh kematian. Jumlah penderita DM tipe 2 semakin meningkat pada kelompok umur dewasa terutama umur > 30 tahun dan pada seluruh status sosial ekonomi.

Obesitas terutama yang bersifat sentral merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi timbulnya penyakit DM tipe 2. Timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh dapat mengakibatkan resistensi insulin yang berpengaruh terhadap kadar gula darah penderita diabetes melitus. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah penderita DM adalah dengan pencapaian status gizi. Status gizi yang digunakan adalah pembagian berat badan dalam kg dengan tinggi badan dalam meter kuadrat dinyatakan dalam indeks massa tubuh atau IMT.

Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara IMT dengan terjadinya DM tipe 2. IMT tinggi mempunyai resiko 2 kali lebih besar untuk terkena DM tipe 2 dibandingkan dengan IMT rendah. Pentingnya mengatur pola makan merupakan salah satu bentuk antisipasi Diabetes Melitus baik itu tipe 1 maupun tipe 2. Selain mengatur pola makan, olahraga yang cukup juga menjadi cara yang bisa mencegah ataupun mengurangi resiko diabetes melitus.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor dan supplier alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk strip gula darah. Strip gula darah membantu seseorang untuk mengecek kadar gula dalam darah. Sebagai bentuk pencegahan maupun pengontrolan dalam suatu kurun waktu tertentu. Berpengalaman lebih dari 5 tahun, PT Globindo Mega Pratama memberikan pelayanan yang terbaik serta solusi yang diberikan. Didukung oleh tenaga profesional, PT Globindo Mega Pratama mampu bersaing dengan para distributor lainnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis