Penerapan Standar Kamar Operasi Membutuhkan Manajemen Kontrol ?

184 Tinjau  | 

Penerapan Standar Kamar Operasi Membutuhkan Manajemen Kontrol ?

Teknik closed gloving merupakan metode terbaik untuk mencegah kontaminasi selama memakai sarung tangan steril. Teknik closed gloving dijadikan sebagai standar gloving di kamar operasi. Penerapan standar gloving di kamar operasi sangat penting untuk dilakukan dan diperlukan sistem yang mampu membuat standar ini tetap berjalan yaitu dengan adanya controlling. Salah satu yang mampu melakukan pengawasan terhadap penerapan standar ini adalah perawat.

Pembedahan merupakan salah satu tindakan medis yang penting dalam pelayanan Kesehatan. Tindakan pembedahan bertujuan untuk menyelamatkan nyawa mencegah kecacatan dan komplikasi. Namun demikian, pembedahan yang dilakukan juga dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa. Salah satu komplikasi dari pembedahan adalah infeksi paska pembedahan. Kejadian infeksi paska operasi tergantung pada banyak faktor, baik faktor yang terkait dengan pasien, tim bedah dan terutama adalah kemungkinan kontaminasi luka operasi selama proses pembedahan. Meski infeksi luka operasi bersifat multifactorial, tim bedah memiliki peran kunci dalam pencegahan faktor – faktor penyebab infeksi yang berhubungan dengan prosedur bedah.

Salah satu upaya  yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi luka operasi adalah dengan menerapkan Teknik antiseptic di kamar operasi. Selain melakukan cuci tangan bedah menggunakan cairan antiseptic, memakai baju steril Teknik gloving menjadi salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian. Tangan dari tim bedah adalah hal yang memegang peranan penting dan perlu mendapat perhatian, karena terdapat kemungkinan adanya kolonisasi mikrobakterial sebagai akibat seringnya kontak dengan banyak pasien. Selain menggunakan cuci tangan bedah penggunaan sarung tangan steril adalah tindakan yang harus diperhatikan karena Teknik penggunaan sarung tangan steril yang benar akan mampu menjadi barrier pencegahan transmisi mikroorganisme.

Terdapat tiga Teknik gloving yaitu open gloving, closing gloving dan assisted gloving. Teknik closed gloving merupakan metode terbaik untuk mencegah kontaminasi selama memakai sarung tangan steril karena jari tangan dan pergelangan tangan tidak kontak langsung dengan sarung tangan steril. Maka dari itu closed gloving dijadikan sebagai standar gloving di kamar operasi. Dari beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa 50-67% terjadi robekan sarung tangan pada operator kamar operasi selama proses pembedahan yang menyebabkan transmisi mikroorganisme dari tangan operator ke dalam area pembedahan.

Salah satu penyebab adanya robekan sarung tangan dan transmisi mikroorganisme dapat disebabkan oleh pelaksanaan gloving yang tidak sesuai standar. Penerapan standar gloving di kamar operasi sangat penting untuk dilakukan dan diperlukan sistem yang mampu membuat standar ini tetap berjalan. Kualitas sarung tangan steril juga diperhitungkan sedemikian rupa agar tidak mudah terjadi adanya robekan.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor dan supplier alat Kesehatan menjual berbagai sarung tangan steril dengan berbagai ukuran. Kualitas yang sangat terjamin menjadikan PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit serta klinik. Didukung oleh tenaga kerja profesional, PT Globindo Mega Pratama memberikan solusi terbaik pada pelayanannya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis