Pemeliharaan Peralatan Kesehatan, Stetoskop Salah Satunya

85 Tinjau  | 

Pemeliharaan Peralatan Kesehatan, Stetoskop Salah Satunya

Pemeliharaan peralatan Kesehatan adalah suatu upaya yang dilakukan agar peralatan medis selalu dalam kondisi layak pakai, dapat difungsikan dengan baik dan menjamin usia pakai lama. Tujuan dari dilakukannya pemeliharaan peralatan Kesehatan untuk mengetahui hasil akurasi dari alat, untuk melakukan pemeliharaan pada bagian alat dan untuk melakukan perbaikan. Pemeliharaan peralatan Kesehatan di bagi dua yaitu pemeliharaan terencana, pemeliharan preventif dan pemeliharaan tidak terencana, dimana alat tersebut tidak dapat difungsikan. Stetoskop berfungsi untuk mendengarkan organ di dalam tubuh, seperti denyut jantung, nadi, organ pencernaan dan paru-paru.

Kegiatan pemeliharaan peralatan Kesehatan terdiri dari pemeliharaan terencana yang meliputi pemelihataan preventif serta pemeliharaan korektif, dan pemeliharaan tidak terencana. Selain itu pengujian atau kalibrasi juga dibutuhkan dalam kegiatan pemeliharaan. Kalibrasi merupakan keseluruhan tindakan meliputi pemeriksaan fisik dan pengujian pada alat Kesehatan, sehingga dapat dipastikan kesesuaian alat Kesehatan terhadap keselamatan kerja.

Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin peralatan medik agar dapat berfungsi dengan baik Ketika dibutuhkan serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas peralatan medik tersebut guna keberhasilan pelayanan Kesehatan. Apabila terjadi kurang efisiensinya penggunaan dan pemeliharaan sarana dan peralatan Kesehatan diakibatkan karena kurang dilakukannya perencanaan peralatan dan pemeliharaannya. Kurang baiknya pemeliharaan peralatan medik sering kali berakibat pada pendeknya masa pakai peralatan tersebut.

Pemeliharaan stetoskop dilakukan untuk membersihkan selang menggunakan kain lembut, alkohol dan hindari dari suhu panas supaya selang tidak pemuaian (kendor), kemudian dilakukan pengecekan kebersihan pada bagian eartip (karet telinga) untuk membersihkan eartip dengan mencopot dan dibersikan menggunakan cotton bud. Kemudian membersihkan bagian diapraghma dengan membuka filter untuk membersihkan debu dan juga membersikan bell supaya tidak menghalangi suara yang akan didengarkan Ketika digunakan.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor dan supplier alat Kesehatan menjual berbagai produk antiseptic dan desinfektan dengan berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Kualitas dan mutu yang terjamin menjadikan PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik sebagai customer setia. Didukung tenaga kerja yang profesional, PT Globindo Mega Pratama memberikan solusi terbaik pada setiap pelayanannya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis