Seberapa Penting Evaluasi Manajemen CSSD di Rumah Sakit ?

186 Tinjau  | 

Seberapa Penting Evaluasi Manajemen CSSD di Rumah Sakit ?

Rumah sakit sebagai institusi penyedia pelayanan Kesehatan yang mengutamakan keselamatan pasien dan petugas selalu berupaya untuk mencegah terjadinya resiko infeksi rumah sakit. Untuk mencapai keberhasilan tersebut maka perlu dilakukan pengendalian infeksi di Rumah Sakit dengan cara melakukan sterilisasi pada alat atau bahan tertentu yang bertujuan untuk menghancurkan semua bentuk kehidupan mikroba termasuk endospore dan dapat dilakuakn dengan proses kimia atau fisika di CSSD. CSSD merupakan salah satu unit pengelola alat Kesehatan dan linen steril pada fase akhir di rumah sakit, sehingga CSSD merupakan ujung tombak terjaminnya sterilitas alat Kesehatan.

Secara umum aktivitas fungsional CSSD di rumah sakit dapat digambarkan yaitu sebagai pemanfaatan Kembali alat Kesehatan atau instrument bekas pakai, dilakukan pre-cleaning (pembilasan, disinfeksi, dekontaminasi) alat yang telah digunakan, dilakukan pembersihan sesuai SOP, dilakukan pengeringan alat Kesehatan medis bekas pakai, dilakukan pengecekan fungsi/kelengkapan instrument medis, dilakukan pengemasan sesuai standar sebelum dilakukan proses sterilisasi, pemberian label kemasan serta indikator uji sterilisasi, dilakukan proses sterilisasi, pengecekan indikator uji sterilisasi, instrument yang lolos uji indikator sterilisasi segera dilakukan penyimpanan atau langsung didistribusikan sesuai kebijakan rumah sakit masing-masing.

Menurut WHO setiap 100 pasien yang dirawat pada saat yang bersamaan, 7 pasien di negara maju mengalami infeksi nosokomial. Sedangkan di negara berkembang, termasuk Indonesia setidaknya 10 pasien yang dirawat mengalami infeksi nosokomial. Menurut Kemenkes penyakit pasien yang datang ke rumah sakit Sebagian besar disebabkan oleh mikrooganisme sehingga resiko perpindahan mikoorganisme tersebut mudah terjadi.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor dan supplier alat Kesehatan menjual berbagai produk dengan berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Kualitas dan mutu yang terjamin menjadikan PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik sebagai customer setia. Didukung tenaga kerja yang profesional, PT Globindo Mega Pratama memberikan solusi terbaik pada setiap pelayanannya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis