Penggunaan Masker dan Pengetahuan Keluarga Tentang TB Paru

90 Tinjau  | 

Penggunaan Masker dan Pengetahuan Keluarga Tentang TB Paru

Penyakit tuberculosis paru membutuhkan pengobatan secara tuntas, karena dapat menyebabkan komplikasi yang berujung pada kematian. TB paru merupakan masalah Kesehatan yang dihadapi dalam dunia global. Pengetahuan yang baik apabila tidak ditunjang dengan sikap positif yang diperlihatkan akan mempengaruhi seseorang untuk berperilaku. Data WHO menunjukkan jumlah kasus TB Paru mencapai 10.4 juta jiwa meningkat sebelumnya hanya 9.6 juta jiwa. Upaya pencegahan peyakit TB Paru dilakukan untuk menurunkan angka kematian yang disebabkan  oleh penyakit TB Paru. Upaya pencegahan tersebut terdiri dari menyediakan nutrisi yang baik, sanitasi yang kuat, perumahan yang tidak terlalu padat dan udara yang segar merupakan tindakan yang efektif dalam pencegahan TB Paru.

Pengetahuan dan kognitif merupakan domain yang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang. Pengetahuan yang baik apabila tidak ditunjang dengan sikap positif yang diperlihatkan akan mempengaruhi seseorang untuk berperilaku. Sikap dan praktek tidak didasari oleh pengetahuan yang kuat tidak akan bertahan lama pada kehidupan seseorang, sedangkan pengetahuan yang kuat jika tidak diimbangi oleh sikap dan praktek yang berkesinambungan tidak akan mempunyai makna yang berarti bagi kehidupan , maka dari itu pengetahuan dan sikap merupakan penunjang dalam melakukan perilaku sehat salah satunya upaya pencegahan penyakit TB Paru.

Peran keluarga dalam pencegahan penularan TB Paru sangatlah penting, karena salah satu tugas dari keluarga adalah melakukan perawatan bagi anggota keluarga yang sakit dan mencegah penularan pada anggota keluarga yang sehat. Disamping itu keluarga dipandang sebagai sistem yang berinteraksi dengan berfokus pada dinamika dan hubungan internal keluarga dengan lingkungan luarnya.

Pelaksanaan penanggulangan penyebaran penyakit menular TB Paru salah satunya dengan penggunaan masker yang dapat mencegah penyebaran droplet melalui udara yang dapat masuk kesaluran pernapasan. Penggunaan masker dilakukan oleh pasien dengan TB Paru dan juga oleh orang-orang disekitarnya sebagai upaya pencegahan penularan TB Paru. Kendala yang dihadapi adalah ketidakpatuhan penggunaan masker yang dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti tingkat pengetahuan, tingkat ekonomi maupun kesadaran diri.

Pencegahan terhadap paparan bakteri penyebab TB Paru sangatlah penting, mengingat kehidupan berkeluarga merupakan komponen yang penting dalam kehidupan seseorang. Perilaku pemeliharaan Kesehatan yang

baik sangat diharapkan pemerintah maupun tenaga Kesehatan, mengingat penularan penyakit TB Paru sangat mudah terjadi dalam lingkungan rumah melalui transmisi udara, untuk itu penggunaan masker sangatlah penting tidak hanya digunakan oleh penderita saja, tetapi untuk orang-orang disekitarnya juga, pengetahuan yang baik akan pentingnya dan cara penggunaan masker akan membantu pencegahan penularan TB Paru dalam keluarga.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor dan supplier alat Kesehatan menjual berbagai produk masker medis dengan berbagai jenis dan fungsi yang berbeda. Kualitas dan mutu yang terjamin menjadikan PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik sebagai customer setia. Didukung tenaga kerja yang profesional, PT Globindo Mega Pratama memberikan solusi terbaik pada setiap pelayanannya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis