Pengadaan Alat Kesehatan di RS, Peran Manajemen Logistik ?

116 Tinjau  | 

Pengadaan Alat Kesehatan di RS, Peran Manajemen Logistik ?

Manajemen logistic alat Kesehatan adalah ilmu pengetahuan dan seni dalam proses perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan dan pengapusan alat atau material. Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas tingkat atas berkewajiban menyelenggarakan pelayanan Kesehatan yang komprehensif. Pelayanan Kesehatan komprehensif meliputi peayanan Kesehatan promotive, preventif, kuratif, rehabilitative. Dalam penanganan pelayanan Kesehatan komprehensif tersebut maka dibutuhkan peralatan yang memenuhi persyaratan yang tersedia dalam jumlah dan kualitas yang mencukupi.

Alat Kesehatan adalah instrument aparatus mesin atau implant yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembukan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan Kesehatan pada manusia dan fungsi tubuh. Saat ini hampir tidak mungkin memberikan pelayanan Kesehatan tanpa alat Kesehatan. Mengingat ketersediaan alat Kesehatan begitu penting dalam upaya pelayanan Kesehatan, maka perlu adanya manajemen logistic alat Kesehatan untuk menjaga kualitas dalam jumlah yang sesuai dengan memperhatikan standar sesuai dengan klasifikasi.

Manajemen logistic alat Kesehatan adalah ilmu pengetahuan dan seni dalam proses perencanaan dan penentuan kebutuhan, pengadaan, penyimpanan, penyaluran, pemeliharaan, penghapusan dan pengendalian alat-alat Kesehatan. Tujuan manajemen logistic alat Kesehatan adalah agar alat-alat yang diperlukan untuk kegiatan pelayanan Kesehatan dapat tersedia dengan kuantitas dan kualitas waktu dan tempat yang dibutuhkan dengan biaya seefisien mungkin, melalui penerapan konsep standarisasi (standar Teknik, standar penyimpanan, pemusnahan, pengadaan), optimalisasi dan akurasi.

Sarana prasarana diperlukan untuk pelayanan Kesehatan primer bagi masyarakat. Bila terjadi kesenjangan antara ketersediaan sarana prasarana, maka akan menurunkan efektivitas pelayanan. Oleh karena itu, penting untuk menganalisa dan memahami kebutuhan pemanfaatan pelayanan Kesehatan.

PT Globindo Mega Pratama merupakan distributor alat Kesehatan yang menjual berbagai jenis desinfektan dengan bermacam jenis dan manfaat yang berbeda-beda. Bahan utama yang digunakan sudah dipastikan aman di kulit dan tidak menyebabkan gangguan kulit lainnya. Sebagai distributor yang sudah dipercaya di berbagai rumah sakit, klinik dan pengguna alat Kesehatan, PT Globindo Mega Pratama mampu memberikan pelayanan terbaik dengan solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis