Kasa Steril Untuk Tali Pusar Pada Bayi Baru Lahir

223 Tinjau  | 

Kasa Steril Untuk Tali Pusar Pada Bayi Baru Lahir

Tetanus neonatorum dan infeksi tali pusar telah menjadi penyebab kesakitan dan kematian secara terus menerus di berbagai Negara. Setiap tahunnya sekitar 500.000 bayi meninggal karena tetanus neonatorum dan 460.000 meninggal akibat infeksi bakteri. Penyebab tingginya angka kematian bayi di Indonesia disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah faktor penyakit infeksi. Beberapa penyakit yang saat ini masih menjadi penyebab kematian besar dari bayi.

Diantaranya penyakit diare, tetanus, gangguan perinatal dan radang saluran nafas bagian bawah. Penyebab kematian bayi lainnya adalah berbagai penyakit yang sebenarnya dapat dicegah dengan imunisasi, seperti tetanus, campak, dan difteri. Hal ini terjadi karena masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk memberi imunisasi pada anak sehingga mengakibatkan kondisi terlambat (terlambat mengambil keputusan, terlambat sampai di tempat pelayanan dan terlambat mendapatkan pertolongan yang kuat.

Perawatan tali pusar biasanya menggunakan kasa alkohol ataupun kasa steril yang digunakan untuk membungkus tali pusar agar tetap bersih dan tidak terinfeksi. Perawatan tali pusar dilakukan secara bersih tidak menganjurkan untuk mengoleskan bahan atau ramuan apapun pada punting tali pusar. Perawatan tali pusat yang dilakukan secara rutin menggunakan air dan dikeringkan menggunakan air bersih ini, tidak menyebabkan peningkatan infeksi serta merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk perawatan tali pusar. Perawatan tali pusar pada bayi masih beragam dalam penggunaan bahan. Ada yang menggunakan kasa alkohol dan ada yang menggunakan kasa steril.

Penggunaan kasa yang dibasahi dengan alkohol dan melilitkannya pada tali pusar dianggap metode yang paling efektif untuk membunuh kuman disekitar tali pusat sehingga mempercepat pelepasan tali pusar. Beberapa perawat di rumah sakit mengatakan bahwa perawatan tali pusar menggunakan kasa alkohol yang digunakan untuk melilitkan pada tali pusar akan merusak flora normal disekitar tali pusar karena yang tertinggal pada saat alkohol dililitkan pada tali pusar hanya air sehingga keadaan tali pusar yang sudah lembab bila dililitkan kasa yang dibasahi alkohol menjadi lebih lembab yang dapat memperlambat pelepasan tali pusar.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan termasuk kasa ataupun kasa alkohol 70%. Telah dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik menjadikan PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor yang dapat bersaing dengan yang lain. Didukung tenaga kerja yang profesional dan mampu memberikan pelayan terbaik dengan solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis