Manajemen Control Pada Penerapan Standar Gloving Ruang OK

216 Tinjau  | 

Manajemen Control Pada Penerapan Standar Gloving Ruang OK

Pembedahan merupakan salah satu tindakan medis yang penting dalam pelayanan Kesehatan. Tindakan pembedahan bertujuan untuk menyelamatkan nyawa, mencegah kecacatan dan komplikasi. Namun demikian pembedahan yang dilakukan juga dapat menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa. Salah satu komplikasi dari pembedahan adalah infeksi paska pembedahan. Kejadian infeksi paska operasi tergantung pada banyak faktor, baik faktor yang terkait dengan pasien, tim bedah dan terutama adalah kemungkinan kontaminasi luka operasi bersifat multifactorial, tim bedah memiliki peran kunci dalam pencegahan faktor-faktor penyebab infeksi yang berhubungan dengan prosedur bedah selama periode pra dan intraoperative.

Salah satu upaya yang harus dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi luka operasi adalah dengan menerapkan Teknik aseptic di kamar operasi. Selain melakukan cuci tangan bedah menggunakan cairan antiseptic, memakai baju steril (gowning) Teknik gloving menjadi salah satu hal penting yang perlu mendapat perhatian, karena terdapat kemungkinan adanya kolonisasi mikrobakterial sebagai akibat seringnya kontak dengan banyak pasien. Selain melakukan cuci tangan bedah penggunaan sarung tangan steril adanya tindakan yang harus diperhatikan karena Teknik penggunaan sarung tangan steril yang benar akan mampu menjadi barrier pencegahan transmisi mikroorganisme. Terdapat 3 teknik gloving yaitu open gloving, closed gloving dan assisted gloving. Teknik closed gloving merupakan metode Teknik untuk mencegah kontaminasi selama memakai sarung tangan steril karena jari tangan dan pergelangan tangan tidak kontak langsung dengan sarung tangan steril. Maka dari itu closed gloving dijadikan sebagai standar gloving di kamar operasi.

Profesi keperawatan merupakan profesi yang berperan penting dalam pelayanan Kesehatan. Keperawatan merupakan salah satu profesi yang memberikan pelayanan keperawatan dan menyelenggarakan pelayanan keperawatan yang bermutu di rumah sakit. Perawat sebagai salah satu anggota yang membawa perspektif yang unik dalam interdisiplin tim. Perawat membantu memfasilitasi pasien untuk mendapat pelayanan Kesehatan dan asuhan keperawatan.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat kesehatan menjual berbagai alat kesehatan termasuk kasa ataupun kasa alkohol 70%. Telah dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik menjadikan PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor yang dapat bersaing dengan yang lain. Didukung tenaga kerja yang profesional dan mampu memberikan pelayanan terbaik dengan solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis