Sterilisasi Alat Bedah, Upaya Mencegah Penularan Penyakit

165 Tinjau  | 

Sterilisasi Alat Bedah, Upaya Mencegah Penularan Penyakit

Alat Kesehatan adalah instrument, apparatus, mesin, perkakas, perangkat lunak, atau material yang digunakan tunggal atau kombinasi untuk manusia dengan satu atau beberapa tujuan seperti mendiagnosis, pencegahan, pemantauan atau mempertahankan hidup manusia. Sesuai dengan pedoman klasifikasi izin edar alat Kesehatan departemen Kesehatan RI, alat Kesehatan memiliki resiko rendah sampai resiko tinggi yang berpotensi menyebabkan luka serius, cacat permanen bahkan kematian. Berdasarkan hal tersebut pemerintah mengadakan pengawasan dalam pengedaran dan penggunaan serta perawatannya.

Alat- alat Kesehatan diklasifikasikan menurut beberapa faktor, seperti lamanya waktu kontak alat terhadap tubuh, derajat dan tempat masuknya alat ke dalam tubuh, kombinasi beberapa alat Kesehatan, mekanisme kerja alat dalam tubuh dan kemampuan alat untuk dapat digunakan Kembali atau tidak. Hal – hal tersebut harus dipahami dengan baik oleh tenaga medis. Tenaga medis berperan penting terhadap perlakuan alat-alat Kesehatan, seperti alat bedah mulai dari penggunaan, pembuangan dan sterilisasi alat yang dapat digunakan Kembali. Salah satu cara sterilisasi alat adalah dengan metode panas kering yang efektivitas sterilisasinya dipengaruhi oleh stabilitas aliran udara panas, transfer udara panas ke permukaan alat dan kandungan lembab pada alat.

Infeksi adalah masuknya kuman ke dalam tubuh sehingga menimbulkan kerusakan jaringan dan merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia. Infeksi nosokomial sendiri adalah personalia, infeksi yang didapatkan dari pasien yang dirawat di rumah sakit, pembesuk pasien sebagai pembawa penyakit, instrument medis atau lingkungan yang ada di rumah sakit itu sendiri. Infeksi ini muncul setelah seorang pasien dirawat di rumah sakit atau seorang pasien yang sedang dirawat di rumah sakit kemudian menunjukkan gejala tertentu. Upaya tenaga medis dalam menjaga sterilisasi alat bedah yang dapat mengurangi angka risiko penularan penyakit pada pasien maupun operator bedah. Hingga saat ini dapat ditemukan kasus penularan penyakit akibat alat yang tidak steril ataupun alat yang tidak disterilisasi dengan sempurna. Penyakit yang ditularkan mengakibatkan munculnya infeksi ringan hingga terburuknya adalah penyakit langka yang prosedur maupun obatnya masih dalam penelitian.

PT Globindo Mega Pratama hadir sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan salah satunya alat bedah. Telah dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik, PT Globindo Mega Pratama distributor yang dapat bersaing dengan distributor alat Kesehatan lain. Didukung tenaga kerja yang profesional mampu memberikan pelayanan terbaik dengan solusi yang diberikan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis