Tata Kelola Alat Kesehatan Bagi Penyedia Alat Kesehatan

167 Tinjau  | 

Tata Kelola Alat Kesehatan Bagi Penyedia Alat Kesehatan

Alat Kesehatan merupakan komponen penting untuk mendukung kondisi Kesehatan masyarakat. Jika alat Kesehatan yang dimiliki pasien tidak bermutu dan tidak layak pakai, hal ini tentu akan berpengaruh pada kesembuhan para pasien.

Menurut GASKELAB (Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) kondisi industri alat Kesehatan di Indonesia masih perlu dibenahi lagi, demi memastikan pelayanan Kesehatan yang berkualitas dan sesuai standar.

Berdasarkan peraturan UU Kesehatan No.36/2009, penyedia alat Kesehatan memiliki kewajiban untuk menyediakan alat Kesehatan yang aman, bermutu, dan berkinerja. Faktanya beberapa kondisi seperti semakin ditekannya anggaran Pusat dan Daerah untuk dana alat Kesehatan penetapan harga di e-catalog yang sangat rendah, apalagi dengan turun tayangnya e-katalog serta keterlambatan pembayaran dari fasilitas Kesehatan mempersult penyedia untuk tetap berbisnis dengan beretika dan melaksanakan kewajibannya tersebut.

Kondisi tersebut mendorong persaingan yang tidak sehat di antara penyedia alat Kesehatan akibat semakin minimnya margin keuntungan yang diperoleh. Pentingnya peran Gaskelab dalam menegakkan kode etik mengingat industrinya yang berkaitan erat dengan sisi kemanusiaan. Penyaluran alat Kesehatan yang aman dan berkualitas harus terus menjadi prioritas penyedia alat Kesehatan. Jangan sampai terpancing melakukan praktik yang tidak beretika karena hanya akan menimbulkan masalah hukum apabila alat Kesehatan yang disalurkan tidak memenuhi kriteria.

Kuncinya adalah meningkatkan daya tawar dengan praktik yang beretika, bukan justru mengesampingkan kualitas alat Kesehatan untuk mengkompensasi harga murah. Gakeslab sebagai asosiasi juga harus berbenah diri secara internal demi membangun praktik bisnis yang sehat dan memberikan pelayanan Kesehatan yang bermanfaat.

PT Globindo Mega Pratama sebagai salah satu distributor dan penyedia alat Kesehatan sangat memegang teguh prioritas dan peraturan dalam menyediakan alat Kesehatan bagi pelayanan Kesehatan baik itu rumah sakit ataupun klinik. Didukung tenaga kerja profesional menjadikan PT Globindo Mega Pratama dipercaya banyak rumah sakit dan klinik, yang dapat bersaing dengan penyedia alat Kesehatan lainnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis