Pemeliharaan Pada Alat Kesehatan, Ternyata Perlu !

100 Tinjau  | 

Pemeliharaan Pada Alat Kesehatan, Ternyata Perlu !

Peralatan Kesehatan merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam menyelenggarakan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan Kesehatan yang berkesinambungan perlu didukung dengan hasil akurat. Pemeliharaan peralatan medis adalah suatu upaya yang dilakukan agar peralatan medis selalu dalam kondisi layak pakai, dapat difungsikan dengan baik dan menjamin usia pakai lebih lama. Peralatan medis sangat membutuhkan pemeliharaan dan pengawasan untuk menghindari kegagalan fungsi alat medis.

Kegiatan pemeliharaan peralatan Kesehatan terdiri dari pemeliharaan terencana yang meliputi pemeliharaan preventif serta pemeliharaan korektif, dan pemeliharaan tidak terencana. Selain itu pengujian atau kalibrasi juga dibutuhkan dalam kegiatan pemeliharaan. Kalibrasi merupakan keseluruhan tindakan meliputi pemeriksaan fisik dan pengujian pada alat Kesehatan, sehingga dapat dipastikan kesesuaian alat Kesehatan terhadap keselamatan kerja. Kegiatan ini bertujuan untuk menjamin peralatan medik agar dapat berfungsi dengan baik Ketika dibutuhkan serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas peralatan medik tersebut guna keberhasilan pelayanan Kesehatan. Apabila terjadi kurang efisiensinya penggunaan dan pemeliharaan sarana dan peralatan Kesehatan diakibatkan karena kurang dilakukannya perencanaan peralatan dan pemeliharannya. Kurang baiknya pemeliharaan peralatan medik sering kali berakibat pada pendeknya masa pakai peralatan tersebut.

Pemeliharaan tensimeter analog dilakukan dengan melakukan pengecekan fisik kepada tensimeter tersebut. Kemudian pengecekan pada balon apakah ada kebocoran pengecekan pada selang, pada manset dan juga pada manometer gauge. Sedangkan untuk pemeliharaan tensimeter digital langkah yang dilakukan adalah periksa pada kondisi indikator start/stop, periksa selang dan manset apakah ada kelonggaran atau tidak.

Pemeliharaan stetoskop dilakukan dengan membersihkan selang menggunakan kain lembut, alkohol dan hindari suhu panas supaya selang tidak pemuaian (kendor), kemudian lakukan pembersihan pada bagian eartip gunakan cotton bud.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai macam alat kesehtan termasuk tensimeter digital dengan kualitas mutu yang terjamin. Berpengalaman lebih dari 5 tahun membuat PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik. Didukung oleh tenaga kerja profesional menjadikan PT Globindo Mega Pratama tak kalah dengan distributor alkes lainnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis