Sampah Medis ? Jangan Buang Sembarangan. Berbahaya

106 Tinjau  | 

Sampah Medis ? Jangan Buang Sembarangan. Berbahaya

Limbah medis padat memiliki risiko terhadap Kesehatan seperti penularan penyakit. Tenaga Kesehatan di rumah sakit rentan terhadap risiko pengelolaan limbah medis. Rumah sakit merupakan salah satu tempat penghasil limbah. Limbah yang dihasilkan yaitu limbah domestic dan limbah medis. Limbah medis adalah limbah yang dihasilkan dari suatu layanan Kesehatan termasuk dalam semua hasil buangan yang berasal dari instalasi Kesehatan, fasilitas penelitian dan laboratorium yang berhubungan dengan prosedur medis. Limbah medis di klasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi, salah satunya yaitu limbah medis padat. Limbah medis padat adalah limbah yang dalam bentuk padat, yang terdiri dari limbah infeksius, limbah patologi, limbah benda tajam, limbah farmasi, limbah sitoksis, limbah kimiawi dll.

Pengelolaan limbah medis rumah sakit sangatlah penting karena limbah medis memiliki berbagai risiko terhadap Kesehatan bagi siapa saja termasuk karyawan rumah sakit, pasien, dan masyarakat. Semua orang yang terpapar limbah berbahaya dan yang berada dalam lingkungan penghasil limbah berbahaya dari fasilitas Kesehatan, kemungkinan besar beresiko untuk mendapatkan dampak dari limbah medis berbahaya tersebut. Tetapi mereka yang berada di luar fasilitasn Kesehatan serta memiliki pekerjaan dalam mengelola limbah semacam itu pun memiliki risiko dari dampak limbah medis akibat kecerobohan dalam sistem manajemen limbahnya.

Kesadaran tentang pentingnya membuang limbah medis dengan benar merupakan langkah sinergis antara tenaga Kesehatan dan juga pasien. Berikut langkah – langkah yang tepat untuk mengelola limbah medis adalah sebagai berikut :

·         Menghilangkan semua informasi pasien dalam wadah obat

·         Menghancurkan bentuk utama obat atau alat Kesehatan, yakni dengan menggerus obat berbentuk tablet atau pil dan menghancurkan jarum suntik dengan needle destroyer

·         Menyimpan limbah medis di safety box atau tempat sampah medis

·         Apabila sudah terkumpul dapat diserahkan ke pihak ketiga yaitu Lembaga pengelola limbah medis

Pentingnya menjaga Kesehatan perlu diselaraskan dengan turut menjaga keselamatan orang lain. Mulailah dari menjaga Kesehatan diri sendiri dengan membuang limbah medis tidak sembarangan. Dengan menjaga sikap itulah bisa menjaga diri kita dan orang lain agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis