Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Harus Tahu ?

120 Tinjau  | 

Edukasi Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, Harus Tahu ?

Kecelakaan dapat terjadi dimana dan kapan saja termasuk di sekolah dan tempat umum. Ada masa tenggang yang harus diisi oleh penolong pertama terlatih sampai korban ditolong oleh tenaga medis. Sikap pertolongan pertama pada kecelakaan mempengaruhi kecepatan dan ketepatan dalam menolong korban. Hal ini diperlukan pengetahuan yang cukup agar korban tidak mengalami komplikasi atau kecacatan akibat kecelakaan. Hal tersebut bisa dicegah apabila penolongannya yang dilakukan secara tepat dan cepat.

Menurut pusat pencegahan pengendalian penyakit, cedera terkait kecelakaan lalu lintas maupun olahraga dan rekreasi dilaporkan terjadi lebih dari 2,6 juta orang. Kondisi tersebut menjadi kewajiban petugas Kesehatan untuk menanganinya. Ada waktu antara pertolongan di lokasi kecelakaan sampai korban memperoleh pertolongan oleh tenaga medis, sehingga masa tenggang inilah yang harus diisi oleh penolong pertama yang telah memiliki keterampilan.

Pemberian pertolongan pertama yang cepat dan tepat terhadap cedera dan keadaan darurat medis akan membantu mengurangi komplikasi, biaya pengobatan, dan kematian. Jika seseorang tidak memiliki keterampilan atau pengetahuan dalam pertolongan pertama kecelakaan hal ini sangat riskan, karena apabila seseorang tidak memiliki pengetahuan tersebut akan timbul adanya rasa cuek dan ketidakpedulian terhadap korban kecelakaan. Pengetahuan dan sikap dari penolong akan mempengaruhi kecepatan dan ketepatan dalam melakukan pertolongan. Oleh karena itu seseorang harus benar – benar kompeten dalam menolong orang kegawatdaruratan.

Banyak di berbagai sekolah menerapkan ilmu tambahan mengenai pertolongan pertama pada kecelakaan. Contoh saja PMR (Palang Merah Remaja). Banyak di berbagai sekolah menerapkan sistem pelajaran tambahan PMR agar kedepannya para siswa bisa memiliki pengetahuan tentang pertolongan pertama kecelakaan baik itu di lingkungan sekolah ataupun tempat umum.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan sangat mendukung penuh kegiatan Palang Merah Remaja yang diterapkan di banyak sekolah. Sebagai distributor alat Kesehatan, PT Globindo Mega Pratama mengharapkan banyak dari anak – anak muda agar lebih peka dan peduli terhadap kejadian kecelakaan yang terjadi di tempat umum untuk memberikan pertolongan pertama.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis