Autoclave, Alat Sterilisasi di CSSD. Simak Penjelasannya

32 Tinjau  | 

Autoclave, Alat Sterilisasi di CSSD. Simak Penjelasannya

Berbagai alat Kesehatan yang dipakai di seluruh pelayanan Kesehatan pasti semua mengandung bakteri. Karena setiap harinya alat tersebut akan hinggap di tubuh pasien yang berbeda – beda. Oleh karena itu, kebersihan di semua tempat pelayanan Kesehatan menjadi suatu kewajiban untuk mendukung pula Kesehatan sang pasien. Cara membersihkan peralatan medis itu pun harus dengan cara yang benar. Karena jika tidak maka bukannya berkurang, bakteri justru akan semakin berkembang biak di alat medis tersebut dan suatu saat dapat berpindah ke pasien.

Autoclave biasa digunakan untuk mensterilkan alat  - alat medis. Autoclave sebenarnya tidak hanya digunakan untuk mensterilkan alat medis saja, tetapi juga untuk alat  - alat laboratorium yang lain. Prinsip kerja autoclave menghasilkan panas yang sangat tinggi untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di alat medis. Tujuan dari suhu yang tinggi ini adalah untuk benar – benar mematikan bakteri yang ada di alat medis tersebut.

Ada tiga jenis autoclave dan masing – masing memiliki fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya :

·         Gravity Displacement Autoclave

Setiap autoclave yang membedakan adalah proses penghilangan udara dari dalam Autoclave saat proses sterilisasi. Untuk autoclave jenis ini cara kerjanya adalah memanfaatkan uap air yang ringan lalu dibandingkan dengan udara. Proses ini dibutuhkan adalah dengan memasukkan uap dari atas Autoclave sehingga udara tertekan ke bawah dan keluar melalui saluran bawah autoclave setelah itu suhu meningkat dan terjadilah sterilisasi.

·         Prevacuum

Cara kerja autoclave ini dimulai dengan proses pengeluaran udara selama 8 – 10 menit. Dengan dilengkapi pompa yang mengevakuasi hampir semua udara dari dalam Autoclave membuat keadaan vakum tercipta dan uap dimasukkan ke dalam autoclave.

·         Steam – Flush Pressure

Cara kerja autoclave ini bekerja menggunakan aliran uap dan dorongan tekanan di atas tekanan pada atmosfer secara berulang – ulang. Waktu sterilsasinya tergantung pada benda yang akan disterilisasi.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai alat Kesehatan baik untuk kebutuhan rumah sakit maupun kebutuhan rumah tangga. Berpengalaman lebih dari 5 tahun menjadikan PT Globindo Mega Pratama dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik karena pelayanannya yang baik dalam menyediakan alat Kesehatan.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis