Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Selama Bius Total

170 Tinjau  | 

Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Selama Bius Total

Selama menjalani operasi besar, misalnya bedah jantung atau bedah otak pasien akan dibius total sampai tak sadarkan diri. Tujuannya agar tidak merasakan sakit dan tidak bisa bergerak yang mungkin dapat membahayakan jalannya prosedur. Pasien akan bangun Ketika operasi selesai.

Yang terjadi pada tubuh dibawah pengaruh obat bius total

·         Otak akan tertidur

Segera setelah pasien menerima obat bius total, otak akan mulai ‘mati’ sehingga tidak sadarkan diri sepenuhnya seperti sedang tidur. Pasien mengira hanya tidur sesaat, padahal mungkin operasi tersebut telah memakan waktu yang cukup lama.

Itu sebabnya kenapa pernapasan, detak jantung dan refleks gerak tubuh menjadi lebih lambat segera setelah pasien sadarkan diri karena otak yang juga baru mulai terbangun dari tidurnya. Efek teler ini akan hilang seiring waktu sampai sisa obat bius dalam tubuh benar – benar habis.

·         Akan sulit bernapas jika perut tidak kosong sebelum operasi

Dokter pada umumnya menyarankan pasien untuk puasa sebelum operasi, kira – kira mulai dari 8 jam sebelumnya. Hal ini dikhususkan untuk menjaga agar obat bius total bisa bekerja dengan baik. Karena obat bius akan mematikan kerja semua organ dan saraf tubuh untuk sementara waktu, sisa makanan dalam perut bisa saja mengalir balik menuju paru – paru karena otot cincin lambung yang tidak bisa menahan aliran tersebut. Dalam keadaan sepenuhnya sadar, pasien bisa refleks batuk untuk mengeluarkan makanan yang ‘nyasar’ ke saluran napas. Namun Ketika sedang dibius total, pasien bahkan tidak menyadari ada makanan yang mengalir balik.

·         Tekanan darah bisa turun bila salah memperkirakan berat badan

Sebelum operasi, dokter akan menakar dosis obat bius total sesuai dengan hasil timbangan berat badan. Maka sebaiknya beri informasi akurat mengenai berat badan. Apabila dokter keliru memberikan obat bius untuk pasien, dampak yang mungkin terjadi adalah penurunan tekanan darah dan peningkatan berat badan setelah operasi.

·         Mengalami efek samping

Tidak jauh berbeda dengan obat – obatan pada umumnya, obat bius total juga bisa menimbulkan efek samping. Namun hal ini tidak otomatis berlaku untuk semua orang. Efek samping yang ditimbulkan pun beragam, termasuk lambat untuk bangun, menggigil, hingga mual dan sakit kepala pascaoperasi. Efek samping bisa terjadi akibat cara kerja obat bius yang mempengaruhi otak dan organ – organ tubuh. Tapi tidak perlu khawatir, kondisi ini umumnya hanya akan berlangsung selama beberapa jam usai operasi. Pastikan selalu mendiskusikan apapun masalah dan keluhan yang dirasakan dengan dokter yang menangani.

PT Globindo Mega Pratama sebagai distributor alat Kesehatan menjual berbagai kebutuhan rumah sakit dan klinik. Berpengalaman lebih dari 5 tahun membuat PT Globindo Mega Pratama menjadi distributor alkes yang dipercaya di berbagai rumah sakit dan klinik yang mampu bersaing diantara distributor alat Kesehatan lainnya.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis