Pandemi Belum Resmi Usai. Muncul Kasus Baru Hepatitis Akut ?

159 Tinjau  | 

Pandemi Belum Resmi Usai. Muncul Kasus Baru Hepatitis Akut ?

Setelah pandemi covid-19, dunia kali ini dihebohkan oleh kemunculan penyakit hepatitis misterius secara massal.  Bahkan, penyakit ini disebut memicu efek mematikan terhadap anak-anak.

Sebuah asumsi mengatakan bahwa kemunculan hepatitis ini memiliki hubungan dengan covid19. Dalam kasus di Inggris, diketahui 18% pasien mengalami positif covid19 setelah dilakukan tes PCR. Menanggapi hal ini, WHO mengatakan saat ini pihaknya masih menyelidiki hubungan antara covid dengan penyakit yang menyerang hati itu. Meski begitu, pihaknya mengatakan sudah memiliki dugaan bahwa Adenovirus subtipe 14 merupakan biang keladi dari kasus hepatitis ini. Pasalnya, 70% pasien hepatitis ini telah terdeteksi memiliki virus itu.

Sejauh ini telah terjadi 348 kemungkinan kasus hepatitis misterius yang terdeteksi di seluruh dunia sejak ditemukan pada 5 April 2022 lalu di Skotlandia. WHO sendiri telah menetapkan wabah ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Saat ini negara yang melaporkan kasus yang cukup banyak adalah Amerika Serikat. Menurut WHO, Amerika telah menemukan sekitar 100 kasus.

Di Indonesia sendiri penyakit ini juga sudah ditemukan dan telah menewaskan tiga orang anak. Kejadian ini terjadi pertama kali di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo (RSCM) dimana kematian ketiganya dalam waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 31 April 2022. Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Apa itu Hepatitis Akut ?

Pada umumnya hepatitis disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada hati, hepatitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus hanya saja penyakit ini terjadi secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangka waktu yang singkat. Meski demikian, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan peradangan pada hati, seperti :

·         Infeksi bakteri

·         Kerusakan liver

·         Cedera pada bagian liver

Secara umum hepatitis akut lebih banyak menyerang pria dibanding wanita. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapa pun. Tetapi belakangan ini, marak menyerang anak-anak.

Sampai saat ini belum ditemukan data yang pasti mengenai asal muasal hepatitis akut yang menyerang anak-anak di berbagai benua, WHO sendiri masih melakukan penelitian terhadap kasus ini. Apakah memang ada keterkaitan dengan covid19 atau memang ditemukan virus baru?

Untuk tetap menjaga tubuh kita dari berbagai virus dan penyakit, ada baiknya rutin untuk makan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga yang teratur. Tentu itu saja tidak cukup, kita juga membutuhkan penunjang seperti masker, handsanitizer dan perlindungan yang lain.

Pastikan membelinya di PT Globindo Mega Pratama, berpengalaman lebih dari 5 tahun melayani berbagai rumah sakit dan klinik. Demi menjaga kualitasnya, PT Globindo Mega Pratama juga memiliki tim yang telah bersertifikasi dan benar – benar memahami bagaimana keperluan mengenai produk alat kesehatan terbaik.

Powered by MakeWebEasy.com
Website ini menggunakan kukis untuk pengalaman terbaik Anda, informasi lebih lanjut silakan kunjungi Kebijakan Privasi  dan  Kebijakan Kukis